UTS Komunikasi Fashion

UJIAN TENGAH SEMESTER
KOMUNIKASI FASHION
SEMESTER 108

Image result for universitas negeri jakarta

NAMA : Baby Fathonna
NO REG : 5583165287
Dosen : Vera Utami Gede Putri, S.Pd, M.Ds
  
PROGRAM STUDI TATA BUSANA
ILMU KESEJAHTERAAN KELUARGA
FAKULTAS TEKNIK
2018
=========================================================================== 

Soal UTS

1. Berikan 2 contoh artis lokal dan luar yang menurutmu memiliki gaya berbusana yang khas, Analisa berdasarkan teori komunikasi fashion.
2. Berikan  2 contoh busana sebagai kepentingan, ada gambar dan analisa.
3. Analisa tipe kepribadian dan identitas dari salah satu dosen yang terpilih, lalu buatlah style yang sesuai dengan karakteristik kepribadian Beliau. Tentukan jenis busana dan kesempatannya. (perhatikan warna, look dan style yang cocok untuk Beliau). Untuk membuat contoh style busana dapat menggunakan program atau guntingan dari majalah.

Jawaban

1. Chadwick Boseman

 
Sumber: https://fashionsizzle.com/2018/04/10/chadwick-boseman-in-versace-saturday-night-live/
http://people.com/movies/oscars-2018-daniel-kaluuya-red-carpet-advice-chadwik-boseman/

Lahir di Carolina Selatan pada tahun 1977, Chadwick Boseman melanjutkan untuk menikmati sukses awal sebagai aktor panggung, penulis dan sutradara, sebelum pertunjukan pendaratan di acara TV seperti Lincoln Heights. Boseman menerobos dengan layar besar penggambaran dua ikon Afrika-Amerika: pemain bisbol Jackie Robinson di 42, dan penyanyi soul James Brown di Get on Up. Boseman kemudian mengambil peran Black Panther untuk serangkaian film superhero Marvel, termasuk Black Panther yang sangat sukses di awal 2018.

Sumber: https://www.biography.com/people/chadwick-boseman-21062761

Dia sangat memiliki khas dalam berbusana, terlihat dari siluet busananya yang terlihat simpel tetapi dia lebih sering memakai jas atau kemeja ketimbang kaus dan semacamnya, desain yang ia gunakan pun menggambarkan keunikan dirinya. Dia ingin menunjukkan, tidak hanya orang putih yang indah, tetapi orang hitam pun juga, beberapa kali ia memakai baju dengan desain khas orang hitam di Afrika.

Will Smith

 

Sumber: http://www.dailymail.co.uk/home/moslive/article-2012226/Will-Smith-Piers-Morgan-I-like-now.html
https://www.popsugar.com/celebrity/Pictures-Smith-LA-Set-HawthoRNe-Which-Reportedly-Have-Cameo-From-Marc-Anthony-8205402

Will Smith memiliki nama lengkap Willard Christopher Smith Jr., lahir  di Philadelphia, Pennsylvania, Amerika Serikat, 25 September 1968.  Smith dikenal sebagai musisi, selain juga seorang aktor sekaliber  Oscar. Penampilannya dalam film THE FRESH PRINCE OF BEl-AIR (1991-1996), dimana ia memerankan dirinya sendiri, telah mengantarkan kehebatannya di dunia peran. Kemudian juga sukses berperan sebagai polisi Agent J dalam MEN IN BLACK yang menjadikan namanya semakin melegenda. Terkait kehidupan pribadinya, Smith pernah menikah dengan aktris  Sheree Zampino yang kemudian bercerai pada 1995 dengan satu anak,  Trey Smith. Pada 1997, ia kembali menikah, dengan aktris Jada Pinkett  Smith dan hingga kini memiliki dua orang anak, Jaden Smith dan Willow  Camille Reign Smith.

Para pemimpin Muslim di seantero Amerika menyatakan salut  pada Will Smith. Aktor terkenal AS itu, belum lama ini menyatakan  diri masuk Islam setelah menyelesaikan pembuatan film tentang  biografi Muhammad Ali. Dalam film berdurasi kurang lebih 1,5 jam itu,  Smith berperan sebagai Cassius Clay alias Muhammad Ali, petinju  lagendaris AS yang pernah menolak masuk dinas militer AS itu. Smith mengaku mulai mengenal Islam, saat dia mempelajari kehidupan  petinju lagendaris AS itu. Sebagaimana diketahui Ali yang sebelumnya  bernama Cassius Clay telah mengambil Islam sebagai agama pilihannya.
Sumber: https://bio.izaygadget.com/2016/10/biografi-will-smith.html

Will Smith memiliki gaya berbusana dengan look sporty casual, dia sering memadu madankan jas dengan kaos, atau pakaian olahraga yang trendy. Warna yang ia pakai tidak jauh dari warna merah, kuning, hitam, putih, coklat (Warna-warna hangat). Dia adalah orang yang tidak sombong, baik hati tentunya, dan sederhana, namun pekerja keras, terlihat dari caranya berpakaian yang tidak neko-neko tetapi tidak berlebihan.

Ditto Percussion (Muhammad Pradana Budhiarto)


Sumber: https://www.youtube.com/watch?v=bdA6B1OtNAA
Muhammad Pradana Budiarto atau yang lebih dikenal dengan Ditto Percussion (lahir 11 Januari 1991; umur 27 tahun) adalah musisipembawa acarapenulis berkebangsaan Indonesia.
Sumber: Wikipedia

Ditto sering memakai jaket dengan desain yang unik, dilihat dari desain dan kebiasaannya, ditto adalah seorang yang funky dan cita rasa musiknya tinggi.

Dude Harlino

Sumber: Viva
Karir Dude di dunia hiburan Indonesia berawal dari ketertarikannya berakting. Ia mendalami seni olah peran di Sanggar Ananda, Jakarta sejak 2002. Dari situ Dude mulai sering mengikuti casting sebagai figuran. 

"Sebenarnya saya menjadi figuran bukan mencari uang semata," tutur Dude. "Ketika menjadi figuran, saya bertujuan belajar akting secara teori." 

Karir Dude semakin diakui dengan penghargaan yang ia dapatkan. Di 2007, Dude meraih penghargaan "Star of the Year" dari Mellyana's Guardians dan "Bintang Indonesia 2007" versi tabloid Bintang Indonesia. Ia juga tercatat menjadi penerima piala Panasonic Awards kategori Aktor Terfavorit sebanyak tiga kali (2007, 2010 dan 2013). 

Sumber: Wowkeren.com

Dalam berbusana, dude lebih sering memakai balutan islami seperti baju koko dan celana bahan, namun pada busananya terselip aksen aksen motif batik yang menggambarkan ia mencintai kebudayaan Indonesia. Warna-warna yang sering ia pakai adalah putih, hitam, coklat, dan warna-warna pastel. Terlihat dari itu semua, Dude Harlino adalah sesosok yang kalem, baik, dan kebapakan.

2. Busana Kepentingan (White Gown - Pernikahan)

Image result for Gown white
Sumber: https://www.dhgate.com/product/2015-new-white-ivory-wedding-dress-bridal/246322395.html
Dalam pernikahan seringkali memakai warna soft seperti putih dan warna-warna pastel untuk menunjukkan kelembutan, apalagi di dalam gaun perlu menggambarkan keindahan seorang wanita, agar membuat paea tamu undangan takjub dan juga sang suami pangling. Biasanya bahan yang dipakai adalah satin, duchess, tile, dsb nya. Dipenuhi dengan hiasan manik-manik dan juga sulaman aplikasi.

Busana Kepentingan (PDH - Baju Kerja Dinas Harian)

Image result for PDH trans tv
Sumber: Bukalapak

Busana PDH atau dinas kerja sering kali memiliki khas yaitu memberikan identitas pekerjaan pada seseorang, misalnya terdapat logo perusahaan, nama dan posisi jabatan dari sang pemakai, bahan yang digunakan pun tergantung pekerjaan yang dimiliki oleh sang pemakai. Misalnya PDH pada pekerja lapangan, kebanyakan memakai bahan Drill yang menyerap keringat dan tidak gampang lecek. Biasanya berupa stelan atasan dan bawahan yang berwarna sama.

3. Dra. Harsuyanti RL, M.Hum.

Menurut kepribadian yang terlihat dalam cara Ibu Harsu (biasa disapanya) berbusana, terlihat bahwa ia adalah sosok yang tegas (memakai baju kurung yang rapih tiap hari dengan jilbab, tidak ingin terlihat tidak rapih dan ingin cepat). Desain yang dipakai di dalam busana Ibu Harsu adalah batik, bahan-bahan yang dipakai dalam busananya kebanyakan adalah bahan yang licin dan juga simpel.
Look: Formal (Feminine Elegant)
Sumber: https://www.fpedia.id/blog/2017/02/13/desain-baju/

Biodata Mahasiswa & Surat Perjanjian


Nama : Baby Fathonna


TtL : 31-08-1998
  
Kata motivasi : You’ll never know if you never try 

Pernyataan ini saya buat, berdasarkan tanggung jawab moral saya sesuai agama yang saya anut.
Bahwa jawaban yang saya buat benar pemikiran sendiri, bukan hasil contekan atau copy paste dari sumber lain.  Bila ternyata ditemukan kesamaan dengan rekan saya dan sumber lain, maka saya siap menerima konsekwensi.
Demikian pernyataan ini saya buat.


Jakarta, 03 Mei 2018


Baby Fathonna

Comments

Popular posts from this blog

Tugas Lebaran

Busana sebagai kepentingan

Komunikasi Fashion Sebagai Citra Diri